Sunday 25 May 2014

Mengapa tidak boleh berlama-lama dalam Kamar Mandi ?


Sungguh mengherankan tatkala ada kaum muslimin yang "memperindah" kamar mandi/WC kemudian berlama-lama berada di dalamnya.
Karena kamar mandi/WC adalah tempatnya SETAN.
Kaum jin memiliki tempat tinggal yang berbeda-beda. Jin yang shalih bertempat tinggal di masjid dan tempat-tempat yang baik. Sedangkan jin yang jahat dan merusak, mereka tinggal di kamar mandi dan tempat-tempat yang kotor. (Nashihatii li Ahlis Sunnah Minal Jin)

Allah ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya ia (setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (Al-A’raf: 27)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ
"Sesungguhnya tempat buang hajat ini telah didiami (oleh syetan).." (HR Ahmad: 4/373, Ibnu Majah: 296, Ibnu Hibban: 1406)

A. Berdo'a
Maka jika salah seorang dari kalian hendak memasuki kamar mandi (WC), ucapkanlah:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنَ اْلخُبُثِ وَ اْلخَبَائِثِ

Allahumma innii a’uudzu bika minal-khubusyi wal-khabaaisyi.

“Yaa Allah… Aku berlindung kepada-Mu dari gangguan Syaithon laki-laki dan Syaithon perempuan.” (HR. Bukhori 142, Muslim 375). [1]

Ibnu Batthol berkata: “Do’a ini tidak hanya dibaca pada tempat-tempat buang hajat (semisal kakus, jamban-pent) namun juga pada tempat-tempat lainnya”. (semisal tanah lapang, kebun-pent). (lihat Subulus Salam 1/154).

--------
[1] Said bin Mansyur dan lainnya menambahkan lafazh ‘Bismillah (Dengan nama Allah)’ diawal doa:

(بِسْمِ اللهِ) اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillaaah, Allaahumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khabaa’its.

Syaikh Al-Albani menshahihkan tambahan ini dalam Irwaa-ul Ghaliil no.50 Ibnu Majjah

B. Masuk mendahulukan kaki kiri
Berdasarkan hadits:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ اْلنَّبِيُّ صلي الله عليه وسلم يُعْجِبُهُ اْلتَّيَمُنُ فِيْ تَنَعُّلِهِ وَ تَرَجُّلِهِ وَ طُهُوْرِهِ وَ فِيْ شَأْنِهِ كُلِّهِ

"Dari ‘Aisyah dia berkata: Adalah Rosulullah صلي الله عليه وسلم mencintai untuk mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, bersisir, bersuci dan pada perkara mulia lainnya". (HR. Bukhori 168, Ahmad 6/187).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: "Telah tetap dalam kaidah syar’i bahwa perbuatan yang didalamnya mungkin untuk dilakukan antara kanan dan kiri, maka hendaklah mendahulukan yang kanan pada perkara-perkara yang baik dan mulia semisal: memakai sandal, masuk masjid, keluar WC dan lainnya, adapun perkara-perkara yang hina dan kotor seperti: masuk WC, keluar masjid, melepas sandal maka hendaklah kaki kiri didahulukan". (Majmu Fatawa 21/109).

C. Do'a keluar WC

Ketika selesai buang hajat, hendaklah keluar dengan mendahulukan kaki kanan seraya berdo’a:

غُفْرَانَكَ

Ghufraanaka

“Yaa… Allah aku mohon ampunan-Mu.” (HR.Tirmidzi 7, Abu Dawud 30, Ibnu Majah 300, Ahmad 24694, Ibnu Sunni dalam Amal Yaum wa Lailah 23, Hakim 1/158, Baihaqi 1/97), di shohihkan oleh Al-Albani dalam Al-Irwaa-ul Ghalil 52.

Demikianlah pembahasan singkat kali ini & jangan lupa adab-adab buang hajat yang lainnya, Ingat,.Segera tuntaskan keperluan kita dan tinggalkan secepatnya karena tak perlu membawa HP maupun bahan bacaan apalagi berlama-lama di WC dan menjadikannya layaknya "bilik merenung". semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin, Wallahu a'lam

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Azūru . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates